Jumat, 20 April 2018

Idzhar



Nah sekarang saya akan membahas Hukum nun mati dan Tanwin yang pertama yaitu idzhar.
Jika nun mati atau tanwin bertemu/menghadap salah satu huruf izhar yaitu ح,خ,ع,غ,أ,ھ cara membacanya jelas, dan terang tidak diperbolehkan untuk mendengung.
Huruf Idzhar terbagi 3 bagian
Bagian pangkal tenggorokan (Adnal halqi) Hurufnya ada 2 yaitu: Hamzah (أ ) dan Ha (ھ )
Bagian tengah-tengah tenggorokan (Wasthul halqi) Hurufnya ada 2 yaitu:'Ain (ع ) dan Ha (ح )
Bagian ujung tenggorokan (Aqsal halqi) Hurufnya ada 2 yaitu : Ghain (غ ) dan Kha (خ )

Macam-Macam Idzhar
  1. Idzhar halqi Yaitu apabila nun mati (Sukun) dan tanwin bertemu dengan salahsatu huruf yang keluar dari tenggorokan (Halqi)
  2. Idzhar Idghom yaitu apabila nun mati (Sukun) bertemu huruf idgham dalam satu kalimat seperti contoh الدُّنْيَا, صِنْوَان  Sebab maksudnya Hukum Idgham tapi bacaan Idzhar(Jelas)
  3. Idzhar Qamariyah yaitu apabila nun mati (Sukun) bertemu dengan salah satu huruf alif lam qamariyah maka bacaanya harus jelas, seperti contoh الْحَمْد
  4. Idzhar Syafawi yaitu membaca jelas apabila Mim Mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yang 28 selain Mim dan Ba.
  5. Idzhar Mutlaq yaitu idzhar yang termasuk pada bagian lam fiil, baik fiil madi yang bertemu dhomir mutaharak marfu seperti lafadzقُلْتُ, قُلْتَ atau lam fiil amr seperti contohقُل ,اجْعَل .
  6. Idzhar Jaiz yaitu seperti memasukan dzal terhadap jim dan shad contoh لَقَدْ صَرَّفْنَا, لَقَدْ سَمِعَ(Laqod sami'a. Laqod Shorofna) itu hukumnya ikhtilaf, kalau menurut riwayat hafs cara bacanya harus di idzharkan sedangkan menurut yang lain Idgham (Laqossami'a, Laqosshorofna).

0 komentar:

Posting Komentar